YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
Yayasan Pangudi Luhur - Jl. Dr. Sutomo 4 Semarang 50244 Indonesia  Telp.(024)8314004-8317806 Fax(024)8317806
Sabtu, 16 Januari 2021  - 2 User Online  
BERANDAHUBUNGI KAMI 


02.06.2009 04:40:48 3432x dibaca.
ARTIKEL
SEKOLAH PL ≠ TEMPAT BIMBEL

Dari: artikel Bianglala (YPL Menyapa)

 

Apa bedanya sekolah dengan tempat bimbingan belajar? Secara konsep kita tahu pasti sekolah dan tempat bimbingan belajar adalah dua hal yang berbeda. Tetapi dalam tataran praktik belum tentu sekolah tertentu berbeda dengan tempat bimbingan belajar. Artinya sekolah tidak lagi menjadi tempat pendidikan bagi siswa.


Pendidikan dibangun dengan, entah formal, informal atau non formal hendaknya memiliki dasar yang kokoh dan kuat. Praktek pendidikan yang hanya mementingkan ilmu pengetahu-an yang dimasukan dalam otak peserta didik lewat kegiatan pembelajaran tidaklah cukup untuk membentuk pribadi peserta didik yang utuh menyeluruh. Di sinilah pentingnya sebuah visi sebagai “rohnya” pendidikan. Peserta didik harus dibantu untuk belajar hidup secara lebih manusiawi dalam masyarakat, sebagai manusia-manusia yang memiliki kepribadian yang seimbang baik jasmani maupun rohani.


Hal ini berarti pendidikan yang dibangun, harus senantiasa berpusat dan bersumber pada pribadi manusia dalam arti orientasi dasar dari pendidikan tersebut adalah pembentukan pribadi-pribadi manusia, memberikan ruang gerak bagi kreasi pengembangan kepribadian manusia, mampu menghantar subyek atau peserta didik untuk memahami dirinya, dunianya dan sesamanya. Peserta didik adalah subyek dan pelaku utama pertama dari pendidikan itu sendiri.


Bila kehidupan masa depan peserta didik menuntut kemampuan memecahkan masalah baru secara inovatif, maka apa yang diajarkan kepada peserta didik mesti menuntut kemampuan untuk memecahkan masalah baru secara lebih baik. Ada kemungkinan kenyataan yang dialami selama ini adalah proses pendidikan yang didominasi oleh kegiatan kognitif yang tertuang dalam kurikulum. Padahal idealnya peserta didik diajarkan tentang peng